TIPS & STRATEGI

Lakukan 12 Tahapan Ini Untuk Memperoleh Hasil Survei Akurat

Melakukan survei adalah proses pengumpulan informasi atau data dari sekelompok orang atau responden untuk tujuan analisis atau penelitian. Tahapan melakukan survei dapat dibagi menjadi beberapa langkah utama:

  1. Definisi Tujuan dan Pertanyaan Survei: Tentukan tujuan utama survei Anda. Apa yang ingin Anda ketahui atau teliti dari responden? Kemudian, buat daftar pertanyaan yang relevan dengan tujuan tersebut.

  2. Pengembangan Pertanyaan: Buat pertanyaan yang jelas, mudah dimengerti, dan tidak ambigu. Hindari pertanyaan ganda atau rumit. Pertanyaan bisa bersifat terbuka (responden memberikan jawaban bebas) atau tertutup (responden memilih jawaban dari pilihan yang disediakan).

  3. Desain Survei: Susun urutan pertanyaan dengan logika yang baik. Mulai dari pertanyaan umum dan bergerak ke pertanyaan yang lebih spesifik. Atur pertanyaan demografi (seperti usia, jenis kelamin, pendidikan) di bagian akhir. Pastikan desain visual survei mudah dibaca dan menarik.

  4. Pemilihan Sampel: Tentukan siapa yang akan menjadi responden Anda. Ini bisa berupa populasi umum atau kelompok yang memiliki hubungan dengan topik survei Anda. Pemilihan sampel harus mewakili populasi secara adil untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

  5. Pengumpulan Data: Ada beberapa metode untuk mengumpulkan data survei, termasuk wawancara langsung, survei online, telepon, atau kuesioner tertulis. Pastikan instruksi pengisian diberikan dengan jelas.

  6. Pelaksanaan Survei: Lakukan survei sesuai dengan metode yang telah Anda pilih. Pastikan agar responden merasa nyaman dan tahu bahwa partisipasi mereka anonim (jika diperlukan).

  7. Validasi dan Pengujian: Sebelum meluncurkan survei secara luas, lakukan uji coba terbatas dengan beberapa responden untuk mengidentifikasi masalah potensial dalam pertanyaan atau alur survei. Perbaiki masalah yang ditemukan.

  8. Pengumpulan Data Secara Utuh: Lakukan survei kepada sampel responden yang telah Anda pilih. Pastikan data yang Anda kumpulkan sesuai dengan tujuan dan pertanyaan survei.

  9. Pengolahan dan Analisis Data: Setelah data terkumpul, lakukan pengolahan data seperti pembersihan data dan konversi jawaban terbuka menjadi format yang dapat dihitung. Selanjutnya, lakukan analisis statistik atau tematik sesuai dengan tujuan survei.

  10. Interpretasi Hasil: Berdasarkan hasil analisis, tarik kesimpulan yang sesuai dengan tujuan survei. Apakah hasil survei mendukung atau meragukan hipotesis Anda?

  11. Pelaporan Hasil: Sajikan hasil survei dalam bentuk laporan, presentasi, atau makalah. Gunakan grafik, tabel, dan ilustrasi lainnya untuk membantu memvisualisasikan temuan Anda.

  12. Refleksi dan Tindak Lanjut: Tinjau proses survei Anda. Apa yang berhasil? Apa yang bisa ditingkatkan di masa mendatang? Pahami juga dampak dan implikasi hasil survei, dan pertimbangkan tindakan selanjutnya yang perlu diambil.

Ingatlah bahwa melakukan survei memerlukan perencanaan yang cermat, pendekatan yang sistematis, dan sensitivitas terhadap kebutuhan dan keinginan responden.