TEKNOLOGI

Belum Tahu Struktur File dalam Laravel? Simak Ini

Struktur file dalam Laravel dirancang untuk memudahkan pengorganisasian kode dan memisahkan logika bisnis dari tampilan dan model data. Berikut adalah struktur file umum dalam sebuah proyek Laravel:

  1. Direktori app: Direktori ini berisi sebagian besar kode aplikasi Anda, termasuk model, controller, dan kode lainnya.

  2. Direktori app/Console: Berisi command-line artisan yang Anda buat untuk mengelola tugas-tugas tertentu dalam aplikasi Anda.

  3. Direktori app/Exceptions: Berisi file exception handling dan penanganan kesalahan kustom dalam aplikasi Anda.

  4. Direktori app/Http: Berisi file yang berhubungan dengan permintaan HTTP, termasuk controller, middleware, dan file rute.

  5. Direktori app/Providers: Berisi file penyedia layanan, yang memungkinkan Anda mendaftarkan berbagai layanan dalam aplikasi Anda.

  6. Direktori bootstrap: Berisi file yang terkait dengan bootstrapping aplikasi, seperti file app.php yang memuat dan mengonfigurasi aplikasi.

  7. Direktori config: Berisi file konfigurasi aplikasi, seperti konfigurasi database, file layanan, dan pengaturan lainnya.

  8. Direktori database: Berisi file migration dan seeder untuk mengatur dan mengisi struktur database.

  9. Direktori public: Berisi file yang dapat diakses publik seperti CSS, JavaScript, dan file gambar. File index.php yang merupakan titik masuk (entry point) aplikasi juga ada di direktori ini.

  10. Direktori resources: Berisi file tampilan (view) dan file aset lainnya seperti file SCSS, LESS, atau JavaScript yang belum dikompilasi.

  11. Direktori routes: Berisi file rute (route) aplikasi, yang menentukan bagaimana aplikasi menangani permintaan HTTP.

  12. Direktori storage: Berisi file cache, sesi, dan file lainnya yang dihasilkan oleh aplikasi saat berjalan.

  13. Direktori tests: Berisi file pengujian (testing) aplikasi, yang memungkinkan Anda menguji fungsionalitas aplikasi secara otomatis.

  14. File artisan: File ini adalah command-line tool untuk mempermudah pengembangan dan pengelolaan aplikasi Laravel.

  15. File .env: File ini berisi variabel lingkungan (environment variables) yang digunakan untuk mengkonfigurasi aplikasi, seperti pengaturan database dan informasi rahasia lainnya.

  16. File composer.json: File konfigurasi untuk Composer, alat manajemen paket PHP yang digunakan untuk mengelola dependensi aplikasi.

  17. File package.json dan webpack.mix.js: File-file ini berisi konfigurasi untuk mengelola dependensi JavaScript dan mengompilasi aset (assets) seperti CSS dan JavaScript.

Itulah struktur file umum dalam proyek Laravel. Struktur ini membantu Anda dalam mengatur dan mengelola kode aplikasi dengan baik, serta memisahkan komponen-komponen penting aplikasi dengan jelas.